BADAN POM RANGKUL 10 PERUSAHAAN MENJADI ORANG TUA ANGKAT UMK PANGAN OLAHAN

20, May 2021

BADAN POM RANGKUL 10 PERUSAHAAN

MENJADI ORANG TUA ANGKAT UMK PANGAN OLAHAN


Rizan Febriana Pratama, S.Farm, Apt

Graphical user interface

Description automatically generated


Bila kita mendengar istilah Orang Tua Angkat, mungkin hal yang terbesit di dalam pikiran adalah sosok yang telah membesarkan dan mendukung dengan segala sumber daya seperti orang tua sendiri. Layaknya CR-7 yang menganggap Sir Alex sebagai Ayah Angkat dalam karir sepak bolanya yang gemilang.

Hal yang serupa dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan bersama 10 (sepuluh) perusahaan di bidang pangan dalam Program Orang Tua Angkat UMK Pangan Olahan. Berbagai masalah dan kendala dalam usaha mikro kecil seperti kurangnya jejaring bisnis, akses informasi bisnis yang terbatas, teknologi dan kapasitas produksi yang belum memadai serta perizinan dan standar yang belum dipahami dapat diselesaikan dengan baik oleh UMK dengan adanya program ini. Orang tua angkat menyalurkan/mengalokasikan sebagian Program Corporate Social Responsibility sebagai hibah kepada UMK Anak Angkat.

Program Orang Tua Angkat UMK Pangan Olahan dikembangkan melalui strategi Model Sistem Lingkaran Tertutup (Intensive Closed Loop System). Orang tua angkat memberikan seluruh kebutuhan yang diperlukan oleh anak angkat seperti modal, bahan baku maupun peralatan untuk diproses atau diproduksi menjadi produk antara yang merupakan bahan baku bagi Industri Orang Tua Angkat. Strategi lainnya yaitu Model bantuan yang bersifat satu arah (One Way System). 

Program yang telah di-launching pada 25 Maret 2021 di Bandung, disambut antusias oleh UMK. Tentunya untuk menjadi UMK Anak Angkat ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi antara lain, UMK merupakan produk pangan olahan terkemas dan berkomitmen menerapkan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik, produk sesuai dengan konsep Closed Loop System atau One Way System bersama Orang Tua Angkat, dan diprioritaskan bagi yang memiliki potensi pasar besar.

Sepuluh perusahaan yang kondisi bagus menjadi Orang Tua Angkat UMK Pangan Olahan adalah:

  1. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

  2. PT Nestle Indonesia

  3. PT Mayora Indah Tbk

  4. PT Niramas Utama

  5. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk

  6. PT Frisian Flag Indonesia

  7. PT Konimex

  8. PT Kimia Farma Tbk

  9. PT Tigaraksa Satria Tbk

  10. PT Sarihusada Generasi Mahardhika

Siap untuk turut memberdayakan UMK menjadi UMK yang memiliki daya saing. 

Orang Tua Angkat UMK Pangan Olahan merupakan gerakan yang penuh harapan untuk kebangkitan eksistensi UMK terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Keberlangsungan program ini tidak dapat dicapai dalam waktu yang singkat, perlu keseriusan dan peran aktif Orang Tua Angkat dan UMK sehingga produktifitas dalam program ini tercapai dengan baik.



    Share